Sunday, September 29, 2019

IMJS - reminder for me - 27 sept 2019

apa jadinya kalau saya tidak mengikuti trading plan saya? apa jadinya kalau saya tetap masih memegang saham ini? mari silakan lihat terlebih dahulu gambar dibawah ini :

#IMJS dulu pernah sempat booming di awal tahun 2019, anda dapat melihat gambar di bawah ini:
kalau anda dapat melihatnya akhir tahun 2018 awal-awal perubahan kenaikan trend, lalu awal tahun naik cukup signifikan dan sempat breakout walaupun setelah breakout ternyata tidak mampu melanjutkan kenaikannya lagi sehingga akhirnya harga berangsur turun terus menerus, hingga seperti gambar yang pertama tadi.

keadaan pullback juga tidak terlalu banyak membantu (waktu harga sempat naik ke 600 an), tidak membantu dalam artian harga hanya bergerak naik sedikit untuk kemudian turun terus menerus.

kondisi ini membuat saya berpikir bahwa semenarik laporan keuangan nya kalau harga bergerak tidak sesuai dengan apa yang ada maka kita jangan "naif" untuk terus memegangnya lama. loh saya kan "invest" ? benar kah anda invest? apakah dia membagikan deviden? ada, Rp. 1,- benar anda tidak salah baca SATU Rupiah, artinya kalau saya beli di harga 800 (ini harga beli saya dulu) maka saya cuma mendapatkan 0.125 % dan bagaimana saya bisa balik modal? mungkin membutuhkan sekitar 800 tahun supaya uang anda kembali (0.125% per tahun X 800 tahun = 100 % , abaikan compounding), good luck for that!!

bagaimana kalau harga rata-rata di 600-an, berarti anda membutuhkan sekitar 598 tahun untuk balik modal. semoga anda masih hidup atau legasi dari keturunan anda dapat menikmatinya. sehingga buat saya ini tidak valuable dari point investing.

loh kan harga bisa saja naik jadi 1,000, benar bisa kok tetapi pertanyaannya saya balik lagi, satu, sampai kapan naik ke 1,000? Dua, dan apakah ada jaminan akan ke 1,000? Ketiga, berarti anda berspekulasi terhadap saham ini dan bukan berinvestasi. Anda Saya sudah salah beli di Harga yang SALAH :p.. 

ya sudah kalau mau trading ya abaikan saja 3 paragraf diatas, anda konsentrasi saja ke harga saat ini harga berada dimana. apakah berada di atas harga beli anda atau dibawah harga jual anda? rencanakan selalu apa yang anda mau beli atau jual.

semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment